Hai Creatiple! Tidak perlu ragu untuk memilih antara kuliah atau berorganisasi, cobalah untuk membuat prioritas dan menjalankan kedua aktivitas dengan seimbang. Seorang mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu menjalankan soft skill dan hard skill secara bersamaan dan membagi waktu dengan baik. Namun, untuk mencapai kesuksesan seperti ini dibutuhkan komitmen dan usaha yang keras. Tanpa adanya komitmen untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi, kualitas kuliahmu bisa terganggu dan kamu bisa mengalami kesulitan untuk mengatasi kedua hal tersebut.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan waktu antara kuliah dan berorganisasi dengan baik:

  1. Tentukan Prioritas Utama

Langkah pertama dalam membagi waktu adalah menentukan prioritas utama. Tentukan mana yang lebih penting bagi kamu, kuliah atau berorganisasi. Dan tentunya kamu harus mendahulukan kuliah dan tugas kuliah kamu karena tujuan utama kamu datang ke kampus adalah kuliah dan mendapatkan ilmu. Tentunya, di organisasi juga banyak pelajaran yang dapat diambil, tetapi kamu tetap harus fokus dengan kuliah kamu agar mencapai tujuan yang kamu impikan selama ini.

  1. Manajemen Waktu yang Baik

Ingatlah bahwa waktu adalah sumber daya yang sangat berharga dan tak ternilai harganya, dan kamu tidak bisa membelinya kembali. Jangan sia-siakan waktumu dan biasakanlah membuat perencanaan waktu dengan baik. Jika kamu aktivis, gunakan buku agenda harian untuk menuliskan timeline atau daftar kegiatan harian.

  1. Buatlah jadwal rinci untuk setiap kegiatan, mulai dari bangun tidur hingga tidur. Buatlah perencanaan waktu secara detil, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, seperti harian, bulanan, atau tahunan. Dengan membuat perencanaan yang jelas dan terjadwal, kamu akan memiliki petunjuk dan panduan yang jelas untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan kegiatan-kegiatanmu.
  1. Buat To-do-list

Untuk mengatasi kesulitan dalam membagi waktu untuk menyelesaikan tugas, cobalah untuk membuat memo kecil sebagai pengingat. Dengan begitu, jadwalmu akan lebih teratur dan setiap tugas, baik tugas kuliah maupun tugas organisasi, dapat diselesaikan dengan baik satu per satu.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan yang menyenangkan bagi Anda adalah menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan saat ini.  Kebiasaan ini dapat membuatmu menunda tugas yang seharusnya kamu kerjakan sekarang. Apalagi jika sudah dekat dengan deadline. Jangan pernah menyalahkan siapapun jika tugas yang kamu kerjakan menjadi terbengkalai. Dampaknya mungkin tidak terasa saat ini, tetapi pasti akan terasa di masa depan.

  1. Mengerjakan tugas dengan tepat waktu mencerminkan tingkat disiplin pribadi kamu. Jika saat ini kamu sedang mengerjakan program skripsimu, jangan pernah menunda untuk menyelesaikannya. Seorang mahasiswa yang cepat menyelesaikan kuliah belum tentu paling cerdas, tetapi mereka yang memiliki kebiasaan rajin dan mampu membagi waktu dengan baik, baik untuk bimbingan maupun belajar. Jangan biarkan potensimu terbuang hanya karena kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan.
  1. Istirahatlah pada Waktunya

Saat kamu lelah akan tugasmu baik di perkuliahan maupun organisasi, itulah waktu yang tepat untuk kamu beristirahat. Carilah waktu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berjalan-jalan, berkumpul dengan teman, dan sebagainya. Pastikan untuk membagi waktu dan memastikan istirahat yang cukup karena kamu bukanlah mesin. Jika kamu istirahat dengan baik, kamu akan merasa lebih segar dan siap untuk menghadapi tugas-tugas kuliah dan organisasi lainnya.

Demikianlah tips sukses menyeimbangkan kuliah dan berorganisasi. Jangan lupa diterapkan ya. Semoga bermanfaat ya, Creatiple!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *